Tahukah Anda ada empat potensi mendasar dalam diri Anda yang sangat mendukung masa depan Anda? Keempat potensi tersebut adalah sbb:

Potensi akademik
Potensi akademik merupakan modal utama yang dapat Anda jual sebagai sandaran masa depan. Misalnya, jika Anda seorang Sarjana Hukum, Anda dapat menjual potensi akademik Anda lewat kantor pengacara, notaris atau lembaga hukum lainnya. Jika Anda seorang Insinyur Pertambangan, Anda dapat menjual potensi Anda di perusahaan pertambangan, kilang minyak, dan sejenisnya.

Potensi bakat
Bakat yang dipelihara dan dikembangkan dengan baik dapat mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Contohnya, orang yang berbakat di bidang seni suara, jika jalurnya tepat, ia bisa menjadi penyanyi handal dan hebat. Tentu saja materi Anda akan terdongkrak. Anda yang memiliki bakat Mengarang bisa menjadi pengarang ya ng hebat dengan menerbitkancerita-cerita fiksi dalam bentuk novel, cerpen, dsb. Semua ini akan mendatangkan keuntungan materi bagi Anda. Jika Anda mau mengasah dan menyalurkan bakat dengan benar, maka bakat di dalam diri Anda bisa menjadi sandaran masa depan yang
cukup mapan.

Potensi wawasan
Potensi wawasan dimiliki oleh Anda yang berwawasan dan berpengetahuan luas. Potensi ini dapat diasah dengan banyak membaca dan mengikuti perkembangan berita terkini baik dari dalam maupun luar negeri. Lalu bagaimana caranya menjual wawasan? Umumnya Anda yang berwawasan luas, otak Anda penuh ide-ide dan gagasan gemilang. Anda dapat mewujudkan ide-ide Anda tersebut menjadi suatu pekerjaan yang menghasilkan. Contohnya Anda dapat menjadi pembicara pada seminar-seminar, Anda juga dapat menjadi penulis dan kolumnis dengan menuangkan segala ide dan wawasan Anda. Bahkan dengan wawasan Anda yang luas, Anda juga bisa menulis buku-buku ilmiah. Kalau hasil karya Anda laku di pasaran, Andap un akan mendapatkan rejeki yang berlimpah. Tapi perlu diingat, apapun bidang pekerjaan Anda, Anda harus selalu menambah dan meningkatkan wawasan.

Potensi tenaga
Dalam bidang pekerjaan apapun, selalu membutuhkan tenaga dan kekuatan fisik. Bahkan pada pekerjaan yang mengandalkan kekuatan pikiran seperti ilmuwan sekalipun, tetap memerlukan tenaga yang kuat. Tanpa fisik yang baik mustahil Anda dapat bekerja dengan lancar. Tapi tentu saja ada beberapa pekerjaan atau profesi yang lebih banyak mengandalkan tenaga, atlit misalnya, entah itu atlit angkat besi, bulu tangkis, renang dan lain-lain.

Nah, jika Anda memiliki lebih dari satu atau memiliki keempat potensi tersebut, Anda dapat mengkombinasikannya menjadi sandaran hidup yang lebih mapan. Atau bisa jadi Anda akan memiliki lebih dari satu profesi. Misalnya dalam keseharian Anda adalah seorang dokter namun karena anda memiliki bakat melukis, Anda sekaligus menjadi pelukis yang profesional dan komersial. So, jang an sia-siakan potensi diri Anda. Pelihara dan kembangkanlah potensi Anda sebaik-baiknya. Sukses untuk Anda...!

0 comments:

Posting Komentar