Anda tak suka pisang ? Ah,ada baiknya pertimbangkan kembali pilihan itu. Terutama setelah anda mengetahui betapa besar manfaat pisang dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan sehari – hari.

Dibanding sebuah apel, satu buah pisang mengandung protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak. Fosfor tiga kali lebih banyak. Vitamin A dan zat besi lima kali lebih banyak. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin- vitamin dan mineral – mineral lain yang jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan apel.
Penelitian terhadap para penderita depresi menunjukkan. Sebagian besar merasa lebih baik setelah memakan pisang. Itu karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang bisa membuat kita tenang, santai dan gembira.

Pisang kaya akan vitamin B, sehingga sangat bagus untuk mengendurkan sistem saraf yang tegang. Kandungan vitamin B6 dalam pisang efektif mengendalikan mood swing yang terjadi pada perempuan yang mengalami sindrom
Pra Menstruasi (PMS).

Pisang juga baik untuk mengatasi anemia, karena kandungan zat besinya membantu menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah. Studi terhadap 200 pelajar di inggris menunjukkan, mereka yang mengkonsumsi pisang saat sarapan dan makan siang berhasil melalui ujian dengan baik. Pisang terbukti merupakan asupan yang penting bagi otak, dan membantu meningkatkan konsentrasi.

Pisang mengandung tiga gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Dalam sebuah pisang juga terkandung, protein, tepung, dan lemak yang membuatnya menjadi sumber energi yang andal. Tak heran jika pisang menjadi buah kegemaran para atlet. Kandungan seratnya juga bermanfaat memperlancar buang air besar dan mengatasi sembelit. Banyak budaya di dunia menganggap pisang sebagai buah yang ‘mendinginkan’ yang dapat menurunkan temperatur fisik maupun emosi khususnya pada ibu yang sedang mengandung.

Anda yang sedang berusaha untuk berhenti merokok ada baiknya mencoba pisang secara rutin. Kandungan vitamin B6 dan B12 serta potassium dan magnesium dalam buah ini dapat membantu tubuh untuk pulih dari pengaruh turunya asupan nikotin. Pisang juga rendah akan garam yang membuatnya sangat baik untuk menanggulangi tekanan darah yang tinggi. Bagi yang kerap bermasalah dengan buang air besar ( sembelit ). Mulailah mencoba mengkonsumsi pisang. Pasalnya pisang memiliki kadar serat cukup tinggi yang akan membuat usus besar bekerja maksimal dan memperlancar BAB.

Nah, itu beberapa manfaat langsung pisang bagi tubuh dan kesehatan. Anda tak perlu tiba – tiba jadi penggemar pisang fanatik. Namun anda bisa memulainya dengan mencoba mengonsumsi sebuah pisang sehari. Sehat, mudah, murah. Kenapa tidak? (dra).


0 comments:

Posting Komentar