Saya mengambil contoh yaitu perusahaan yang eksis di dunia perfilman yaitu TRANS TV, dimana kalau menurut saya pemimpinnya telah melakukan fungsi kepemimpinan sesuai penentu arah yang melalui 4 keputusan, yaitu strategis, taktis, teknis dan operasional.





Latar Belakang kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan keterampilan, percakapan dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang. Setiap perusahaan besar pasti memiliki pemimpin yang berperilaku baik yang menyangkut sifat, bentuk dan intensitas perhatianya terhadap bawahan seperti :
a. Suasana saling percaya mempercayai
b. Penghargaan terhadap ide bawahan
c. Memperhitungkan perasaan bawahan
d. Perhatian pada kenyamanan kerja bawahan
e. Perhatian pada kesejathteraan bawahan
f. Pengakuan atas status para bawahan secara tepat
g. Memperhitungkan faktor kepuasan kerja bawahan

Menurut saya pemimpin TRANS TV sudah dapat melakukan hal – hal yang dilakukan diatas.

a. STRATEGIS. Menurut pendapat saya strategis adalah tepat, TRANS TV sudah dapat disebut strategis dikarenakan pemimpimya dapat menentukan lokasi tempat TRANS TV yang berada di jantung kota jakarta, dan tempat tersebut sangat mudah untuk didatangi, dikarenakan dekat dengan jalan tol, dan lokasinya bebas dari kemacetan, dan pemimpinya dapat menentukkan letak dalam proses syuting semaksimal mungkin dan seefisien mungkin, sehingga terlihat di layar televisi seperti tampak lebih luas dibandingkan aslinya. Dan pemimpinya juga sangat tepat dalam menentukkan tema pertelevisian yang mengedepankan humor, dikarenakan humor sangat diminati oleh sebagian besar manusia, untuk menghilangkan kejenuhan, untuk melepaskan rasa lelah. Contoh realnya yaitu : ceriwis, gong show, extravaganza, suami – suami takut istri dan lain sebagainya. Saya saja salah satu fans yang namanya acara gong show, dikarenakan sangat menghibur sekali. Lalu pemimpinya juga berani mengeluarkan film – film yang seperti bioskop – bioskop pada umumnya yang disebut acara box office trans tv, disini terdapat film – film pilihan luar negeri yang cukup bagus dan disiarkannya hampir setiap hari, ini sangat banyak diminati oleh para peminat yang hobi sekali dengan nonton film. Dan yang paling cukup penting adalah pemimpinya tepat dalam membuat antena siaran yang sangat tinggi, dikarenakan TRANS TV dapat diminati hampir seluruh wilayah nusantara indonesia dari sabang sampai merauke dengan jelas, dan juga pemimpinya sangat tepat dalam membuat pakaian crew – crew TRANS TV yang menurut saya sangat keren dan berwibawa, tidak terkesan norak, tetapi terkesan elegan dan mewah.

b. TAKTIS. Menurut pendapat saya taktis adalah siasat, akal, daya dan upaya. Pemimpin TRANS TV sangat pintar sekali mensiasati bagaimana perusahaanya dapat berkembang dengan pesat, yaitu dalam memilih crew – crew dalam organisasi, pemimpinya tersebut sangat berupaya untuk mendapatkan crew – crew yang memiliki kreatifitas, loyalitas yang tinggi. Tidak lama ini TRANS TV baru saja berhasil membeli saluaran tv lain yang bernama TV7 yang sekarang berubah menjadi TRANS 7 , ini adalah suatu bukti bahwa TRANS TV sangat berkembang secara pesat, TRANS 7 sekarang bisa disebut anak dari TRANS TV yang sama- sama eksis di pertelevisian nasional. Pemimpinya juga sangat pintar mensiasati bagaimana peminat tidak bosan dengan acara – acara yang disiarkan di TRANS TV, dengan cara menampilkan acara – acara baru yang sangat menghibur dan dapat dijadikan sebagai contoh acara yang berkwalitas.

c. TEKNIS. Menurut pendapat saya TRANS TV dilihat dari teknisnya sudah bisa dibilang berhasil. Dikarenakan selama saya menonton acara TRANS TV hampir tidak adanya kesalahan dalam siaranya, dan teknis lapanganya sangat menjanjikan. Pemimpin TRANS TV memang mengedepankan kepuasan peminat dalam bentuk apapun. Jadinya pemimpin sangat mempertimbangkan teknis dalam pencapaian tujuan yang diharapkan bersama – sama baik jangka pendek maupun panjang

d. OPERASIONAL. Menurut pendapat saya TRANS TV sudah memiliki operasional yang sangat mendukung, yaitu dilihat dari transport operasional, sudah sangat banyak sekali, hampir tersebar dimana – mana, dan dilihat dari crew operasionalnya sangat berwibawa dan sangat ramah dalam pelayanan kepada peminatnya, pemimpinya juga membuat jadwal operasional siaran yang sangat menunjang sekali, dilihat dalam bentuknya TRANS TV ini tidak terlalu malam, tidak seperti saluran TV lainnya yang bisa 24 jam terus siaran.

Harapan saya mudah – mudahan TRANS TV dapat tetap mempertahankan keeksisanya di dunia pertelevisian, dikarenakan sangat ketat sekali persaingan di dunia pertelevisian sekarang ini, untuk saat ini saya sangat salut dan bangga terhadap TRANS TV yang sangat saya kagumi sampai saat ini.






5 komentar:

  1. implementasi strategi dalam perusahaan membutuhkan kerja keras dan semangat keras serta didukung oleh tim yang kuat.
    Good info sob!

    BalasHapus
  2. Halo om ,, salam kenal ,,,
    saya ngajak tukeran link nih Om ,,
    link Om sudah saya pasang di blog saya ...
    Link back ya ...
    Oya ,, sekalian follow... :)

    BalasHapus
  3. om adit maap nih terlalu berat nih obrolannya??ups mungkin sedang mengambil matakuliah manajemen proyek dan bisnis ya?hmmm bagus juga nih memakai studi kasus,.smoga dosen bersangkutan bisa membaca dan bisa menilai sejauh mana kemampuan anda.ahahahah PREETTT!!!

    BalasHapus