Oleh : Team Andriewongso.com

Banyak orang yang geli bahkan benci dengan tikus. Sebab, kadang makanan hingga baju sering rusak dikerat binatang yang digambarkan sebagai mahkluk lucu di film-film kartun. Tapi, ternyata tikus bisa dimanfaatkan juga. Daya penciuman tikus bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi lokasi ranjau darat.

Kini di Afrika, ada sekelompok tikus sudah dilatih untuk mengendus lokasi-lokasi ranjau darat. Hewan ini dijadikan pengendus ranjau darat di Mozambik dan sebentar lagi akan dikirim ke Republik Demokratik Kongo dan Zambia yang banyak jebakan ranjau darat. Indra penciuman tikus sangatlah sensitif sehingga ia dapat membantu misi untuk menemukan ranjau. Tikus dapat mengendus bau yang tak tercium oleh manusia. Tikus yang dipakai adalah tikus yang memiliki tubuh besar seperti raccoon.

Selain mengendus ranjau tikus juga dapat dilantih untuk mengendus penyakit. Di Tanzania, tikus sudah dimanfaatkan untuk mengenal bau penyakit. Saat tikus sukses membedakan bau penyakit dengan bau lainnya, tikus dilatih untuk mengeratkan giginya untuk mendapatkan imbalan berupa keju atau makanan yang digemari tikus. Unik juga ternyata tikus pun dapat seperti anjing pelacak untuk mengendus sesuatu.

0 comments:

Posting Komentar