Kereta api merupakan sarana transportasi yang menggunakan mesin gerak. Menggunakan suatu rangkaian jalan sendiri yang biasa disebut rel. Kereta merupakan salah satu sarana terbaik untuk alat transportasi darat baik melalui dalam kota, antar kota maupun antar Negara.

Kereta api biasanya sudah dijadwalkan secara actual untuk waktu berangkat dan waktu kedatangan, semuanya diatur oleh sistem yang sudah terstruktur. Kereta sarana gerak untuk Negara Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu kereta api lokomotif yang menggunakan tenaga uap dan kereta listrik, untuk kereta listrik bekerja sama oleh PLN ( Persero ) dalam penggunaanya.

Belakangan ini kereta api menjadi salah satu pilihan dominan yang bekerja di sekitar wilayah jabodetabek. Berikut saya jelaskan sedikit tentang langkah – langkah jika anda menginginkan bekerja dengan menggunakan kereta api :



•    Standby 5 menit sebelum jadwal kedatangan

Biasanya kereta tidak selalu tepat dengan jadwal yang diberikan, terkadang dating lebih awal dan terkadang pun dating terlambat. Untuk itu biasakan datang lebih awal untuk mengurangi resiko ketinggalan kereta.

•    Menggunakan Multi Trip ( biasanya pembelian awal Rp. 50.000 )



Terkadang banyak pekerja tidak menggunakan multi trip, biasanya menggunakan tap harian, jika menginginkan kenyamanan membeli Rp. 50.000 dan dapat layanan pembelian, kemudian tidak perlu membuang waktu untuk mengembalikan uang Rp. 5000 jika menggunakan tap harian, menurut saya langkah ini langkah yang sangat baik.

•    Biasakan Menggunakan Gerbong yang Dingin
Biasanya saya sering sekali memasuki gerbong yang panas, tidak ada salahnya mencoba anda mencari gerbong yang lainnya, dikarenakan AC ( Air conditioner ) di Gerbong kereta api secara terpisah, jadi bisa menggunakan gerbong lain jika AC tidak bekerja secara normal.

•    Jangan Membawa Barang Berat 

Pekerja harus dihindari membawa barang berat untuk meminimalkan kehilangan dan lebih mengurangi beban dan rasa cape jika setiap hari harus berdiri dan bekerja.

•    Dahulukan Penumpang Yang Turun & Toleransi Kepada Penumpang Lain

Selalu dahulukan yang turun, dikarenakan semua pekerja harus meningkatkan rasa toleransi dalam bersosialisasi apalagi menggunakan sarana umum. Untuk laki – laki selalu tingkatkan rasa toleransi anda, kepada orang tua, membawa anak, sedang mengandung ataupun pekerja yang sakit.

•    Waspada Barang Bawaan


Menurut saya jika membawa suatu barang bawaan harus selalu waspada, jika laki – laki biasakan tas ditaruh di depan, jangan sekalipun membuat orang lain diberikan kesempatan untuk mengambil sesuatu dari barang bawaan anda, tips dari saya meminimalkan ditaruh di tempat barang, dikarenakan banyak kerugian yang akan timbul, kerugian lupa dan sulit untuk ditemukan.


Semoga langkah – langkah yang saya berikan dapat bermanfaat dalam melakukan proses sistem bekerja setiap hari menggunakan Kereta api commuter line.

0 comments:

Poskan Komentar