Sebelumnya anda harus mendownload terlebih dahulu File - file yang dibutuhkan

bootsect

PeToUSB_3007

usb_prep8

Setelah selesai mendownload baru deh jalankan instruksi - instruksinya,akhirnya aku menemukannya di situsnya Mas Ade Putra. Singkatnya yang harus dipersiapkan :

1.CD Windows XP
2.Flashdisk (minimal 1 GB)
3.File USB_PREP8
4.File PeToUSB
5.File Bootsect
6.1 set Komputer yang memakai Sistem Operasi Windows (misalnya Windows XP)

Untuk prosedurnya sebagai berikut:

1.Coba semua file USB_Prep8, PeToUsb, dan Bootsect di ekstrak ke sebuah folder terserah dimana saja (bisa di C, D, E ato Z sekalipun) dan jangan lupa untuk kasih nama folder yang berisi ekstrakan 3 file diatas
Contoh:
Aku ekstrak USB_Prep8.rar, PeToUsb.rar, dan Bootsect.rar di driver D dengan nama folder PICO XP

2.Setelah diekstrak, pindah hasil ekstrakan PeToUsb ke dalam folder USB_Prep8

3.Lalu Klik dua kali file usb_prep8.cmd yang ada didalam folder USB_prep8 nanti akan muncul “Press any key to continue” yang artinya tekan tombol apa saja.

4.Setelah tekan tombol tadi akan tampil windows PeToUSB. Jangan tutup apapun! Biarkan saja! Dengan munculnya PeToUsb maka ini berarti flashdisk akan diformat dan sebaiknya file yang ada di USB Flashdisk harus di backup dulu datanya atau di copy ke komputer Anda.

5.Kalo sudah dipindah, silahkan klik Start untuk memformat Flashdisk.

6.Setelah proses format selesai, jangan ditutup aplikasi PeToUsb-nya, biarkan sajo.

7.Tekan Start Menu, pilih Run, ketik cmd (lalu tekan Enter atau klik OK).

8.Setelah masuk di MS-DOS ketik cd\

9.Lalu ketik d:\

10.Lalu ketik cd pico xp

11.Lalu ketik cd bootsect

12.Ketik bootsect.exe /nt52 i:

(i adalah drive USB di komputerku) jadi kalo drive USB kamu adalah E berarti Anda harus ketik bootsect.exe /nt52 E: (lalu tekan enter)

13.Kalo berhasil, nanti akan muncul tulisan “Bootcode was successfully updated on all targeted volumes.”

PERINGATAN!!! Dengan munculnya aplikasi cmd untuk bootsect, maka diasumsikan telah terbuka 3 aplikasi yakni cmd USB_Prep8, cmd Bootsect, dan aplikasi PeToUsb.

14.Tutup cmd yang bootsect (jangan yang usbprep8!!) sekalian tutup juga aplikasi PeToUSB-nya.

15.Pada windows Command Prompt yang USB_Prep8 akan muncul beberapa menu (ndak usah di pikirin apa artinya, cukup ikutin aja perintah selanjutnya)

16.Ketik angka 1 lalu tekan Enter. Silahkan browse ke drive dimana ada CD Windows XP anda sekalian

17.Ketik angka 2 lalu tekan Enter. Akan muncul menu yang meminta anda untuk memasukkan huruf yang belum terpakai untuk nama virtual drive tempat proses pembuatan usb installernya, aku ambil contoh drive T

18.Ketik angka 3 lalu tekan Enter. Masukkan input tempat drive USB Flashdisk anda. Kalo di kompieku ada pada driver G

19.Ketik angka 4 lalu tekan Enter. Maka mulailah proses copy ke USB Flashdisk. (jika nanti ada pertanyaan apakah anda ingin mengformat virtual drive anda yang dalam kasus ini adalah drive T. Pilih yes aja lalu tekan enter)

20.Kalo udah tekan enter lagi untuk melanjutkan.

21.Trus tekan enter lagi.

22.Nanti akan muncul popup, klik saja Yes.

23.Klik yes lagi kalo ada popup yang muncul.

24.Klik yes untuk melakukan unmount virtual drive.

25.OK. Proses selesai. Silahkan tutup windows Command prompt usbprep8

26.USB Flashdisk sekarang sudah bisa dipakai untuk melakukan instalasi Windows XP ke Portable Laptop.

Untuk masalah installasi operating system pada laptop sekelas ACER ONE atau AXIOO PICO cukup simple sebab kamu semuanya cuma harus masuk BIOS kemudian ubah boot priority-nya ke usb ato flashdisk. Atau (dalam kasus ini aku install AXIOO PICO) cukup tekan F11 untuk masuk ke boot menu dan pilihlah usb flashdisk. Dalam proses penginstallan pilih yang mode TEXT SETUP lalu setelah proses intallasi selesai maka laptop akan restart. Selanjutnya pilih yang GUI Mode (JANGAN yang TEXT MODE lagi!!). Nah, kalo instalasi XP udah selesai, jangan cabut USB Flashdisk ya! Kalo udah masuk ke desktop XP, baru deh boleh cabut Flashdisknya

0 comments:

Poskan Komentar